Psikologi Manajemen

Psikologi Manajemen

Psikologi Manajemen adalah cabang ilmu Psikologi yang mempelajari tentang bagaimana mengelola atau mengatur sumber daya untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia. Kaitan antara psikologi dan manajemen dalam ilmu ini adalah pada pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia). Seperti yang kita ketahui SDM adalah unsur yang paling penting dalam dunia kerja. Di lain pihak, ilmu psikologi adalah ilmu yang mampu mengintervensi manusia dalam berbagai aspek. Sehingga kedua ilmu ini sangat berguna untuk peningkatan kinerja SDM untuk perusahaan.

Organisasi

Organisasi adalah suatu sekumpulan orang yang berada dalam wadah yang sama dengan tujuan yang sama.

Kelompok

Kelompok adalah sekumpulan orang yang berinteraksi satu sama lain, dan mempersepsikan diri mereka sebagai suatu kelompok.

Kelompok dibagi 2 yaitu kelompok formal dan kelompok informal

  • Kelompok formal adalah ada batasan berupa tugas-tugas dan tanggung jawab tertentu didalam kelompok formal terdapat kelompok komando dan kelompok tugas.
  • Kelompok informal adalah tidak ada batasan oleh struktur organisasi biasa terjadi secara spontan antara sejumlah tenaga kerja

Fungsi kelompok bagi anggotanya

  • Biasanya kelompok selalu memenuhi kebutuhan anggotanya
  • Fungsi kelompok juga dapat menunjang identitas diri dari anggotanya karna biasanya banyak orang yang berkembang didalam suatu kelompok
  • Kelompok sebagai penguji realitas sosial karna didalam kelompok, kita harus mengikuti kelompok tidak bisa semaunya kita jadi bisa disebut kelompok sebagai penguji realitas sosial
  • Kelompok juga bisa menjadi sesuatu pemecahan masalah bagi anggotanya karena didalam kelompok kita mendapat pengetahuan, pengalaman, dan pemecahan-pemecahan dari masalah kita

Interaksi kelompok

Didalam interaksi kelompok terdapat dua jenis interaksi yaitu :

  1. Kelompok reaksi
  2. Kelompok koaksi

Ada 4 fungsi dari manajemen itu sendiri yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, lalu yang terakhir Pengawasan.

  1. Perencanaan (Planning)

Proses ini adalah proses paling awal untuk menetapkan tujuan dan target, menggunakan strategi apa yang dipakai untuk mencapai tujuan dari suatu Organisasi.

  1. Pengorganisasian (Organizing)

Proses dimana strategi dan taktik untuk mencapai suatu tujuan dan target itu dapat bekerja dalam perencanaan yang sesuai

  1. Pengarahan (Directing)

Proses penerapan pelaksanaan program-program yang dijalankan oleh organisasi, dalam hal ini terdapat job description.

  1. Pengawasan (Controlling)

Yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah di rencanakan organisasi, dan arahan yang dapat berjalan sesuai target dan dapat mencapai tujuan yang telah diharapkan organisasi

Komunikasi

Komunikasi adalah Proses interaksi antara manusia ke manusia lainnya yang berupa informasi.

Unsur-unsur Komunikasi

  • Adanya pengirim berita
  • Penerima berita
  • Berita yang dikirim
  • Media pengiriman

Leave a comment