TAHAP ANALISIS DAN TAHAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

I. Tahap Analisis

1. Identifkasi masalah

Tes IQ banyak digunakan oleh berbagai kalangan, misalnya pihak sekolah di SMA dalam menentukan jurusan. Hal ini dilakukan karena kemampuan IQ siswa berbeda-beda pada tingkatannya. Tes IQ yang biasa dilakukan adalah secara manual yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mengetahui hasil IQ. Selain itu banyak peserta tes sulit memahami untuk menghitung hasil tes IQ karena cukup rumit.

2. Analisis masalah

Guru-guru mendapat kesulitan dalam pemilihan jurusan sesuai kemampuan siswa. Guru hanya cenderung melihat siswa dari kesehariannya saja sehingga dalam pemilihan jurusannya terkadang kurang tepat, akibatnya sering terjadi siswa salah piih jurusan sesuai dengan keinginannya dan IQ nya. Oleh karena itu, dengan semakin berkembangnya teknologi maka mitra ingin megembangkan metode pemilihan jurusan berbasis komputer yang diuji berdasarkan tes IQ mereka dan bagaimana merancang sebuah sistem aplikasi yang memindahkan tes IQ secara manual ke dalam sistem digital atau berbasis komputer.

3. Analisis kebutuhan

  • Data : Pertanyaan-pertanyaan dari beberapa literatur untuk dijadikan soal dalam latihan tes IQ.
  • Fungsional : Ada jurusan yang disarankan, ada nilai IQ , ada keterangan normal atau tingginya IQ untuk user sesuai data yang dimasukan.
  • Non-fungsional : Sistem hanya dapat digunkan dikomputer saja, sistem tidak menyediakan pilihan tanggal regristrsi, tidak meyediakan pilihan kelas, soal tidak diacak sehingga user bisa bertukar jawaban

II. Tahap Peracangan

1. struktur Navigasi

Struktur navigasi yang digunakan adalah struktur navigasi Campuran, merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan disebut juga struktur navigasi bebas. Struktur ini gunakan paling banyak dalam aplikasi multimedia.

2. Interface

Digunakan untuk media komunikasi antara user dan program. Perancangan antar muka merupakan tahap akhir dari perancangan sistem, yaitu merancang form dan menu yang ada pada program serta menghubungkannya ke tabel database sehingga program data berjalan dengan baik. Teknik yang digunakan dalam interface tersebut adalah linguistic style. Linguistic Style adalah penyampaian aksi melalui bahasa yang dimengerti oleh computer, ciri-ciri teknik ini adalah: Masukan aksi melalui papan ketik alphabet yang ditulis atau diketik dan Bahasa yang dimengerti oleh computer merupakan bagian kecil dari Bahasa manusia. Setelah melihat ciri-ciri diatas menurut kelompok kami teknik interface yg digunakan adalah linguistic style.

Leave a comment